PRESENTASI E-LEARNING KIMIA HASIL PENGEMBANGAN
E-learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar.
Kelebihan E-Learning
Berikut adalah kelebihan e-learning Triluqman (2007) yaitu :
- Tersedianya fasilitas e-moderating dimana pendidik dan peserta didik dapat berkomunikasi dengan mudah melalui fasilitas internet secara regular atau kapan saja kegiatan berkomunikasi itu dilakukan dengan tanpa dibatasi oleh jarak, tempat, dan waktu.
- Pendidik dan peserta didik dapat menggunakan bahan ajar atau petunjuk belajar yang tersruktur dan terjadwal melalui internet, sehingga keduanya bisa saling menilai sampai berapa jauh bahan ajar dipelajari.
- Peserta didik dapat belajar atau me-review bahan ajar setiap saat dan dimana saja kalau diperlukan mengingat bahan ajar tersimpan di komputer.
- Apabila peserta didik memerlukan tambahan informasi yang berkaitan dengan bahan yang dipelajarinya, ia dapat melakukan akses di internet.
Kekurangan E-Learning
Selain kelebihan, Triluqman (2007) juga mengemukakan kekurangan dari e-learning, yaitu sebagai berikut.
- Kurangnya interaksi antara pendidik dan peserta didik bahkan antar-peserta didik itu sendiri. Kurangnya interaksi ini bisa memperlambat terbentuknya values dalam proses belajar-mengajar.
- Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya mendorong tumbuhnya aspek bisnis.
- Proses belajar dan mengajarnya cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan.
- Berubahnya peran pendidik dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional.
- Peserta didik yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi cenderung gagal.
- Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet (mungkin hal ini berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon, ataupun komputer).
- Kurangnya penguasaan komputer.
Pada pembelajaran kali ini saya menggunakan CLASSROOM sebagai aplikasi yang dipakai untuk berinteraksi antara guru dan siswa. Di dalam CLASSROOM nanti saya membuat sebuah grup pemebelajaran guru bisa dengan mudah menginformasikan sesuatu kepada siswanya. Materi yang akan diajarkan kali ini mengenai kimia unsur (alkali dan alkali tanah) sebelum interaksi dimulai saya mengirim materi terlebih dahulu di grup tersebut dan meminta untuk anggota grup(siswa) mempelajarainya setelah itu barulah terjadi interaksi antara saya dengan siswa . Diakhir pembelajaran nanti saya memberikan latihan soal yang saya kirim di classroom untuk melihat seberapa pengetahuannya tentang materi yang sudah diajarkan. Dengan Aplikasi ini pembelajaran bisa dilakukan jarak jauh. Hanya saja penggunaannya sangat bergantung pada jaringan internet
Google Classroom (atau dalam bahasa Indonesia yaitu Ruang Kelas Google) adalah suatu serambi pembelajaran campuran yang diperuntukkan terhadap setiap ruang lingkup pendidikan yang dimaksudkan untuk menemukan jalan keluar atas kesulitan dalam membuat, membagikan dan menggolong-golongkan setiap penugasan tanpa kertas.
Adapun alasan saya menggunakan Class room ini karena banyak sekali kelebihannya dan dapat membantu saya dalam menutupi kekurangan saya. Dimana Para murid dapat diundang ke sebuah ruang kelas dengan beberapa cara yaitu melalui basis data lembaga, melalui sebuah kode pribadi yang kemudian dapat ditambahkan di dalam antarmuka murid atau dengan didatangkan secara sendirian dari Sistem Pengelolaan Keterangan Sekolah (School Information Management System). Google Classroom disatupadukan dengan Google Calendar dari para murid dan guru. Tiap-tiap kelas dibuatkan dengan adanya sebuah berkas yang dipisahkan oleh Google Classroom di dalam masing-masing layanan Google di mana para murid dapat menyerahkan hasil kerjanya untuk digolong-golongkan oleh seorang guru.Penyampaian kabar melalui Gmail membebaskan para guru untuk membuat pengumuman serta menanyakan mengenai soal-soal kepada muridnya dalam kelasnya masing-masing. Para guru bisa menambahkan secara langsung muridnya dari direktori Google Apps dan bisa menyediakan sebuah kode yang dapat dimasukkan sebagai jalan masuk/akses untuk para murid ke kelasnya.
materi yang saya buat adalah sebagai berikut
Reaksi Logam Alkali dengan Air
Warna Nyala Logam Alkali
Logam alkali bila dipanaskan dapat menghasilkan warna nyala api yang khas untuk masing-masing jenis logam alkali. Litium ( Li ) menghasilkan warna nyala api merah, natrium ( Na ) menghasilkan warna nyala api kining atau oranye, kalium ( K ) menghasilkan warna nyala api ungu, rubidium ( Rb ) menghasilkan warna nyala api biru kemerahan dan cesium ( Cs ) menghasilkan warna nyala api biru.
Semua logam dari Golongan 1 bereaksi hebat dengan air dan bahkan dapat meledak ketika bereaksi dengan air. Untuk masing-masing reaksi ini, terbentuk sebuah larutan logam hidroksida bersama dengan gas hidrogen.
Persamaan reaksi ini berlaku bagi reaksi logam manapun dari Golongan 1 dengan air – cukup ganti simbol X dengan unsur yang anda inginkan. Reaksi logam alkali dengan air berlangsung cepat kecuali Litium ( Li ) yang memerlukan temperatur sekitar 25 C serta reaksinya agak lambat.
Warna Nyala Logam Alkali
Logam alkali bila dipanaskan dapat menghasilkan warna nyala api yang khas untuk masing-masing jenis logam alkali. Litium ( Li ) menghasilkan warna nyala api merah, natrium ( Na ) menghasilkan warna nyala api kining atau oranye, kalium ( K ) menghasilkan warna nyala api ungu, rubidium ( Rb ) menghasilkan warna nyala api biru kemerahan dan cesium ( Cs ) menghasilkan warna nyala api biru.
DEFINISI ALKALI TANAH
Logam alkali tanah terdiri dari 6 unsur yang terdapat di golongan IIA. Yang termasuk ke dalam golongan II A yaitu : Berilium (Be), Magnesium (Mg), Calcium (Ca), Stronsium (Sr), Barium (Ba), dan Radium (Ra). Di sebut logam karena memiliki sifat-sifat seperti logam. Disebut alkali karena mempunyai sifat alkalin atau basa jika direaksikan dengan air. Dan istilah tanah karena oksidasinya sukar larut dalam air, dan banyak ditemukan dalam bebatuan di kerak bumi. Tiap logam memiliki konfigurasi elektron sama seperti gas mulia atau golongan VIII A, setelah di tambah 2 elektron pada lapisan kulit S paling luar. Contohnya konfigurasi elektron pada Magnesium (Mg) yaitu : 1s2 2s2 2p6 3s2 atau (Ne) 3s2. Ikatan yang dimiliki kebanyakan senyawa logam alkali tanah adalah ikatan ionik. Karena, elektron paling luarnya telah siap untuk di lepaskan, agar mencapai kestabilan.
Unsur alkali tanah memiliki reaktifitas tinggi, sehingga tidak ditemukan dalam bentuk monoatomik , unsur ini mudah bereaksi dengan oksigen, dan logam murni yang ada di udara, membentuk lapisan luar pada oksigen.
SIFAT-SIFAT PERIODIK UNSUR
Jari-Jari Atom adalah jarak dari inti atom sampai ke elektron di kulit terluar. Besarnya jari-jari atom dipengaruhi oleh besarnya nomor atom unsur tersebut. Semakin besar nomor atom unsur-unsur segolongan, semakin banyak pula jumlah kulit elektronnya, sehingga semakin besar pula jari-jari atomnya. Jadi, dalam satu golongan (dari atas ke bawah), jari-jari atomnya semakin besar. Dalam satu periode (dari kiri ke kanan), nomor atomnya bertambah yang berarti semakin bertambahnya muatan inti, sedangkan jumlah kulit elektronnya tetap. Akibatnya tarikan inti terhadap elektron terluar makin besar, sehingga menyebabkan semakin kecilnya jari-jari atom.
Jari-Jari Ion. Ion mempunyai jari-jari yang berbeda secara nyata jika dibandingkan dengan jari-jari atom normalnya. Ion bermuatan positif (kation) mempunyai jari-jari yang lebih kecil, sedangkan ion bermuatan negatif (anion) mempunyai jari-jari yang lebih besar jika dibandingkan dengan jari-jari atom normalnya
GOLONGAN ALKALI TANAH
1. Be (Berilium)
Berilium adalah unsur kimia yang mempunyai simbol Be dan nomor atom 4. Unsur ini beracun, bervalensi 2, berwarna abu-abu baja, kukuh, ringan tetapi mudah pecah. Berilium adalah logam alkali tanah, yang kegunaan utamanya adalah sebagai bahan penguat dalam alloy (khususnya, tembaga berilium).
SIFAT-SIFAT
Berilium mempunyai titik lebur tertinggi di kalangan logam-logam ringan. Modulus kekenyalan berilium kurang lebih 1/3 lebih besar daripada besi baja. Berilium mempunyai konduktivitas panas yang sangat baik, tak magnetik dan tahan karat asam nitrat. Berilium juga mudah ditembus sinar-X, dan neutron dibebaskan apabila ia dihantam oleh partikel alfa, (seperti radium dan polonium [lebih kurang 30 neutron-neutron/juta partikel alfa]). Pada suhu dan tekanan ruang, berilium tak teroksidasi apabila terpapar udara (kemampuannya untuk menggores kaca kemungkinan disebabkan oleh pembentukan lapisan tipis oksidasi).
KEGUNAAN
• Berilium digunakan sebagai agen aloy di dalam pembuatan tembaga berilium. (Be dapat menyerap panas yang banyak). Aloy tembaga-berilium digunakan dalam berbagai kegunaan karena konduktivitas listrik dan konduktivitas panas, kekuatan tinggi dan kekerasan, sifat yang
nonmagnetik, dan juga tahan karat serta tahan fatig (logam). Kegunaan-kegunaan ini termasuk pembuatan: mold, elektroda pengelasan bintik, pegas, peralatan elektronik tanpa bunga api dan penyambung listrik.
• Karena ketegaran, ringan, dan kestabilan dimensi pada jangkauan suhu yang lebar, Alloy tembaga-berilium digunakan dalam industri angkasa-antariksa dan pertahanan sebagai bahan penstrukturan ringan dalam pesawat berkecepatan tinggi, peluru berpandu, kapal terbang dan satelit komunikasi.
• Kepingan tipis berilium digunakan bersama pemindaian sinar-X untuk menepis cahaya tampak dan memperbolehkan hanya sinaran X yang terdeteksi.
• Dalam bidang litografi sinar X, berilium digunakan untuk pembuatan litar bersepadu mikroskopik.
• Karena penyerapan panas neutron yang rendah, industri tenaga nuklir menggunakan logam ini dalam reaktor nuklir sebagai pemantul neutron dan moderator.
• Berilium digunakan dalam pembuatan giroskop, berbagai alat komputer, pegas jam tangan dan peralatan yang memerlukan keringanan, ketegaran dan kestabilan dimensi.
• Berilium oksida sangat berguna dalam berbagai kegunaan yang memerlukan konduktor panas yang baik, dan kekuatan serta kekerasan yang tinggi, dan juga titik lebur yang tinggi, seterusnya bertindak sebagai perintang listrik.
• Campuran berilium pernah pada satu ketika dahulu digunakan dalam lampu floresens, tetapi penggunaan tersebut tak dilanjutkan lagi karena pekerja yang terpapar terancam bahaya beriliosis.
Untuk lebih jelas mengenai E-Learning yang saya gunakan silahkan klik link berikut
permasalahan:
1. Menurut anda, apa saja kendala dalam penerapan pembelajaran kimia dengan cara yang saya lakukan?
2. Bagaiman cara kita sebagau guru memastikan bahwa siswa tersebut benar benar belajar ketika tidak dilakukan tatap muka langsung?
3. Apa kekurangan dan kelebihan ketika kita sebagai guru memakai aplikasi classroom
3. Apa kekurangan dan kelebihan ketika kita sebagai guru memakai aplikasi classroom
Saya akan menjawab permasalahan and yang no 1. Mungkin kendala dengan class room dalam pembwlajaran kimia, kan tidak bertatap muka secara langsung jadi mungkin kalau hitungan dan reaksi2 jika dijelaskan melalui classroom ini siswa itu akan kurang paham, jadi lebih efektif jika bertatap muka langsung
BalasHapustetapi kalau materi nya itu seperti reaksi dan hitungan, kita sebagai guru kan bisa mengurimkan tutorial video penjelasan nya tanpa harus bertatap muka langsung
HapusBaiklah saudara fajar saya ingin mencoba menjawab permasalahan anda..dari yang saya pahami dari cara penerapan pembelajaran kimia l anda saya rasa kendala yang mungkin dihadapi yaitu kesulitan untuk mengundang siswa anda bergabung didalam grup classroom amda karena harus dikonfirmasi satu persatu jadi memungkin menbutihkan waktu yang lama.
BalasHapusKemudian kelebihan dri classroom ini dapat memudahkan siswa dan guru dalam proses belajar mengajar sehingga tidak harus melakukan tatap muka secara langsung dan untuk kekurangan dari classroom ini kita kurang bisa mengontrol aktivitas anak pada saat proses pembelajaran.
Sekian dari saya terimakasih.
sebetulnya kekurangan itu bisa diminimalisir dengan membagikan kode class kita kepada murid, jadi kita tidak susah payah mengundang satu persatu melalui email dan menunggu persetujuan nya
HapusKelebihannya : kita dapat menggunakannya dimana pun kapan pun tidak berbatas jarak dan waktu. Dimana saja kita bisa. Asal terhubung ke jaringan internet
BalasHapusKekurangannya : sulit mengontrol kegiatan belajar anak dari jauh. Apakah mereka benar2 memahamjnya atau belum.
soal mengontrol siswa sudah paham atau belum kan kita bisa mengadaka evaluasi seperti diberi soal yang berdeda beda. sehingga para siswa tidak bisa mencontek sau sama lain.. dan kamudian tinggal kita lihat siapa saja siswa yang berinteraksi dan mengirimkan jawbaan nya
HapusSya akan menncoba menjawab no 2 .. jika untuk melihat belajar atau tidak . Mungkin dg berkomunikasi lwat e learning itu .dan seorang guru dpt memberikan kuis dengan batas waktu trtntu
BalasHapusiya saya sependapat denga fania, dan juga ada bayak cara yang lain yang bisa dugunakan... tidak hanya 1 cara saja
HapusSaya akan mencoba menjawab permasalahan no 3
BalasHapusKelebihan dari class room ini: membantu guru atau pengajar membuat dan mengumpulkan tugas tanpa menggunakan kertas, termasuk fitur untuk menghemat waktu Guru seperti kemampuan untuk membuat salinan Google Docs secara otomatis bagi setiap siswa. Classroom juga dapat membuat folder Drive untuk setiap tugas dan setiap siswa, agar semuanya tetap teratur.
Adapun kekurangannya: guru harus tahu alamat email dari sidwa yang hendak diundang ke classroom, namun hal ini bisa bisa di atasi dengan mengirim kode ke grup siswa yang hendak di undang, kemudian memerlukan akses internet sehingga jika jaringannya lemah maka akan menggamengginteraksi guru dan siswa
ya, saya setuju dengan pendapat anda dimana elerning sangat membatu baik dari sisi siswa maupun sisi guru dan dalam sebuah aplikasi kan pasti ada kekurangan dan ada kelebihan, namun disini anda menjelaskan bahwa guru harus mengundang melalui email... sedangkan ada cara lain yang lebih mudah untuk bergabung di classsroom yaitu dengan membagikan kode kelasnya saja
HapusAssalamualaikum saudara fajar, saya akan mencoba menjawab permasalahan no 3.
BalasHapusMenurut saya, kelebihan dari class room ini adalah kita bisa menggunakan nya kapan pun dan dimanapun itu, jadi walaupun terpisah jarak dan tidak bisa terjadi nya proses tatap muka secara langsung, proses pembelajaran tetap bisa terjadi.
Namun kekurangan nya, guru tidak bisa memantau siswa itu, apakah ia benar benar belajar atau tidak.
Sekian dan terima kasih.
ya,saya sependapat dengan jawaban anda tetapi segi kekurangan yang lain nya msiah banyak seperti
Hapus1. boros kuota
2. sangat bergantung pada signal
karna e learning ini kan konsep pebelajaran yang memanfaatkan teknologi
Saya akan mencoba menjawab pertanyaan and yang nomor 3. Dimana kekurangan dari digunakannya google classroom dalam pembelajaran adalah guru tidak dapat melihat langsung kegiatan belajar siswa. Dan guru tidak dapat sepenuhnya mengontrol siswa dalam belajar.
BalasHapusmemang betul guru idak bisa mengontrol sepenuhnya siswa dalam belajar, tetapi guru bisa melihat kegiatan dan ke aktifan siswa yang berinteraksi ketika diberikan materi dan diberikan soal
HapusSaya akan mencoba menjawab permasalahan Anda yang kedua.
BalasHapusYaitu dengan pemberian tugas ataupun kuis yang berlangsung agar siswa ikut berperan aktif dalam proses e-learning.
ya , sebetul nya ada banyak cara lain yang bisa digunakan, itu semua tergantung guru nya mau memakai cara yang seperti apa
HapusSaya menjawab permasalahan no dua cara guru itu dengan memberikan tugas atau melakukan ujian dengan memberi batas waktu.
BalasHapussaya rasa kurang tepat karana kalau diberikan tugas dan di kumpul denga waktu tertentu bisa saja siswa itu mencontek untuk mengerjakan nya
HapusKelebihan classroom yaitu siswa bisa mandiri dalam belajar karena guru hanya mengirimkan materi dan siswa harus memahami nya, sedangkan kekurangannya yaitu kurangnya tatap muka dengan guru
BalasHapusya, tentu masih banyak kelebihan kelebihan menggunakan classroom .... anda menyebutkan kekurangan nya kurang nya tatap muka,,, kita tahu bahwa fungsi e learning itu adalah membantu memoermudah daalam belajar tanpa harus tatap muka
Hapussaya akan mencoba menjawab permasalahan yang ke 3 , menurut saya kelebihan dan kekurangan dari media ini adalah . kelebihannya dapat mempermudah siswa dan guru dalam melakukan pembelajaran, sedangkan kekurangannya adalah terlalu rumit bagi siswa yang mempunyai pola pikir yang rendah, dan susah apabila tidak ada akses internet.
BalasHapusMenurut saya jawaban yg ketiga ialah sebagai seorang guru efektivitas pembelajaran hanya sebatas chattan tampa tatap muka maka akan kurangnya pendekatan kita terhadap murid
BalasHapusSaya akan mencoba menjawab permasalahan pertama. Menurut saya, kendala yang dihadapi yaitu sulitnya ini diterapkan di daerah terpencil yang sulit terakses dengan internet. Juga akan sulit diterapkan bila pendidik maupun peserta didik yang belum mahir menggunakan teknologi seperti ini.
BalasHapusSaya akan menambahkan sedikit jawaban untuk jawaban permasalahan anda. Jika guru dan murid hanya berkomunikasi lewat chat atau class room saja tidak akan mendapatkan hasil yang maksima harus di seimbangkan dengan tatap muka secara langsung agar guru dan murid dapat lebih dekat lagi.
BalasHapusDimana Para murid dapat diundang ke sebuah ruang kelas dengan beberapa cara yaitu melalui basis data lembaga, melalui sebuah kode pribadi yang kemudian dapat ditambahkan di dalam antarmuka murid atau dengan didatangkan secara sendirian dari Sistem Pengelolaan Keterangan Sekolah (School Information Management System). Google Classroom disatupadukan dengan Google Calendar dari para murid dan guru. Tiap-tiap kelas dibuatkan dengan adanya sebuah berkas yang dipisahkan oleh Google Classroom di dalam masing-masing layanan Google di mana para murid dapat menyerahkan hasil kerjanya untuk digolong-golongkan oleh seorang guru.Penyampaian kabar melalui Gmail membebaskan para guru untuk membuat pengumuman serta menanyakan mengenai soal-soal kepada muridnya dalam kelasnya masing-masing. Para guru bisa menambahkan secara langsung muridnya dari direktori Google Apps dan bisa menyediakan sebuah kode yang dapat dimasukkan sebagai jalan masuk/akses untuk para murid ke kelasnya.
BalasHapusdari permasalahan nomor tiga saya sedikit menambahkan, menurut saya kelebihan dalam menggunakan classroom pada proses pembelajran adalah, yang mana siswa secara cepat akan mendapatkan bahan ajar atau materi tanpa harus menggunakan berbagai aplikasi lain agar materi dapat terunduh, dan pada classroom bahan ajar yang dishare sangat mudah di dapatkan atau tidak harus diunduh lagi, namun selain pada kelebihannya adapun kekurangan yang mana jika kita secara terus menerus menggunakan classroom sebagai tempat interaksi kita kepada siswa maka akan kurangnya keakraban antara siswa dengan guru ataupun sesamanya. yang mana pada classroom juga di butuhkan pembelajran secara langsung atau bertatap muka.
BalasHapus