PRESENTASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN HASIL PENGEMBANGAN


         Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi.

       Rudy Bretz (1971) menggolongkan media berdasarkan tiga unsur pokok (suara, visual dan gerak):
1.      Media audio
2.      Media cetak
3.      Media visual diam
4.      Media visual gerak
5.      Media audio semi gerak
6.      Media visual semi gerak
7.      Media audio visual diam
8.      Media audio visual gerak

                Sejatinya sebuah media baik berupa media sederhana maupun multimedia dibuat untuk mempermudah kita dalam belajar, untuk membantu kita belajar karena masing masing orang memiliki kekurangan dan kelebihan dalam belajar.  Disini saya menerapkan multimedia                      ( audio,animasi,dan sedikit teks) dalam bentuk video, karena terkadang saya merasakan bosan jika menggunakan teks terlalu banyak dan mudah mengantuk pada saat mengunakan metode ceramah, dan saya akan lebih paham jika mendengarkan sekaligus melihat dari  pada membaca.  Selain itu karena saya orangnya mudah bosan maka saya memberikan sedikit lagu dalam pemutaran videonya.

Contoh salah satu materi yang saya angkat adalah reaksi subtitusi.  Di dalam video ini  menunjukan contoh reaksi dan pembentukan nya

Untuk melihat videonya secara lengkap silahkan klik link berikut:  
https://m.youtube.com/watch?v=u5up2I9Nv1A

Permasalahan
1.  apa kelebihan dan kelemahan jika menerapkan multimedia seperti ini?

2.apakah multimedia seperti ini efektif di gunakan ?

Komentar

  1. Menurut saya efektif jika menggunakan multimedia yang lengkap tapi kalau tidak penjelasan nya atau materinya itu menurut saya materi yang disampaikan itu kurang masuk di otak

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi sebaiknya bagaimana multimedia yang harus digunakanm karna anda tidak menyertai dengan contoh

      Hapus
  2. Saya akan mencoba menjawab permasalahan no 2
    Menurut saya cukup efektif jika penyampaian dalam video tersebut suara, gambarnya jelas, dan lebih baiknya dilengkapi juga dengan keterangan-keterangan sehingga akan lebih membuat siswa menjadi paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya saya sependapat dengan jawaban anda. tetapi jika diberi keterangan bagaimana jika siswa yang tidak hobby membaca

      Hapus
  3. 1. sebagaimana media audio-visual yang lain, video juga terlalu
    menekankan pentingnya materi ketimbang proses
    pengembangan materi tersebut;
    2. pemanfaatan media ini juga terkesan memakan biaya
    tidak murah
    3. dan penanyangannya juga terkait peralatan lainnya seperi
    videoplayer, layar bagi kelas besar beserta LCDnya,
    dan lain-lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru dengan menggunakan media seperti infocus dan laptop kita tidak usah lagi membeli beli buku sehngga bisa menghemat biaya

      Hapus
  4. Saya akan mencoba menjawab permasalahan no 2
    Menurut saya cukup efektif jika penyampaian dalam video tersebut suara, gambarnya jelas, dan lebih baiknya dilengkapi juga dengan keterangan-keterangan sehingga akan lebih membuat siswa menjadi paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya saya sependapat dengan jawaban yulisa. tetapi jika diberi keterangan bagaimana jika siswa yang tidak hobby membaca

      Hapus
  5. Saya akn menjawab pertanyaan no. 2. Menurut saya, penggunaan video dalam pembelajaran akan efektif jika video tersebut hanya memaparkan materi yang memang penting dan tidak keluar dari konteks. Untuk efek seperti penggunaan suara suara yang berlebihan dalam video sebaiknya tidak digunakan. Karena itu akan membuat siswa kehilangan fokus saat belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya video itu bagus digunakan untuk menarik perhatian siswa apalagi jka memaparkan video seperti setruktur benxen..pergeraka gugus gugus

      Hapus
  6. Saya akan mencoba menjawab permasalahan Anda yang kedua. Selain proses pembelajaran tatap muka, cara ini merupakan cara yang efisien yg baik untuk digunakan oleh siswa dalam melakukan pemahaman lebih lanjut

    BalasHapus
    Balasan
    1. disini anda tidak memaparkan contoh media nya

      Hapus
  7. Menurut saya akan efektif jika media benar2 bagus dibuat misalnya dalam gambar maka gambarnya harus jelas dan untuk video suaranya harus jelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya betul sekali. tetapi disini anda tidak memeparkan contoh video nya misalnya tentan laruatn elektrolit dan non elektrolit

      Hapus
  8. Menurut saya efektif karena dengan menggunakan video cepat lebih paham dan juga video itu merupakan bentuk gambar yang hidup dan mempunyai suara

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, tetapi sebetulnya tidak hanya menggunakan video saja kita bisa menggunakan audio visual seperti menyanyi

      Hapus
  9. saya akan menjawab permasalahan yang kedua menurut saya media ini sangat efektif apabila guru dan murid sudah mengetahui dan memahami cara kerjanya. karena apabila media yang digunakan baik maka hasilnya akan baik, tetapi sebaliknya apabila media yang digunakan kurang baik maka hasilnya akan kurang baik pula.

    BalasHapus
  10. menurut saya sangat efektif karna siswa dapat belajar dengan baik bersamaan dengan melakukan hal yg di sukainya

    BalasHapus
  11. Menurut saya efektif karen dari sini dapat membuat peserta didik lebih berkreativitas.

    BalasHapus
  12. Sejatinya sebuah media baik berupa media sederhana maupun multimedia dibuat untuk mempermudah kita dalam belajar, untuk membantu kita belajar karena masing masing orang memiliki kekurangan dan kelebihan dalam belajar. Disini saya menerapkan multimedia ( audio,animasi,dan sedikit teks) dalam bentuk video, karena terkadang saya merasakan bosan jika menggunakan teks terlalu banyak dan mudah mengantuk pada saat mengunakan metode ceramah, dan saya akan lebih paham jika mendengarkan sekaligus melihat dari pada membaca. Selain itu karena saya orangnya mudah bosan maka saya memberikan sedikit lagu dalam pemutaran videonya.

    BalasHapus
  13. menerapkan multimedia ( audio,animasi,dan sedikit teks) dalam bentuk video, karena terkadang saya merasakan bosan jika menggunakan teks terlalu banyak dan mudah mengantuk pada saat mengunakan metode ceramah, dan saya akan lebih paham jika mendengarkan sekaligus melihat dari pada membaca.

    BalasHapus
  14. ke efektifan multimedia yang anda gunakan, tergantung kejelasan dalam pembahasan materi

    BalasHapus
  15. Mrnurut saya kurang efektif.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME 3 : TEORI PEMROSESAN INFORMASI BERBANTUAN MEDIA (MENURUT GAGNE DAN ATKINSON)

RESUME 2 :PRINSIP DASAR MULTIMEDIA PEMBELAJARAN

RESUME 1: LANDASAN TEORI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN